Sabtu, 28 Juni 2014

Klasifikasi dan Tujuan Manajemen

Definisi Manajemen
Kata Manajemen berasal dari bahasa Perancis kuno menagement  yangmemiliki arti seni melaksanakan dan mengatur.
1 Manajemen belum memilikidefinisi yang mapan dan diterima secara universal.
2 Mary Parker Follet, misalnya,mendefinisikan manajemen sebagai seni menyelesaikan pekerjaan melalui oranglain. Definisi ini berarti bahwa seorang manajer bertugas mengatur danmengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi.
3 Ricky W. Griffinmendefinisikan manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran (goals) secara efektif dan efesien. Efektif berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuaidengan perencanaan, sementara efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakansecara benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal.
4Kata manajemen berasal dari bahasa Italia maneggiare yang berarti"mengendalikan," terutamanya "mengendalikan kuda" yang berasal dari bahasalatin manus yang berati "tangan". Kata ini mendapat pengaruh dari bahasaPerancis manège yang berarti "kepemilikan kuda" (yang berasal dari BahasaInggris yang berarti seni mengendalikan kuda), di mana istilah Inggris ini juga berasal dari bahasa Italia.
 
manajemen adalah suatu proses atau kerangka kerja yang melibatkan bimbinganatau pengarahan suatu kelompok orang ke arah tujuan organisasional. Manajemen
adalah suatu kegiatan, pelaksanaannya adalah “managing”Pelaksanaan,sedang pelaksananya disebut manajer atau pengelola.
6Dari beberapa pendapat di atas, maka manajemen dapat diartikan sebagaisuatu proses yang terdiri dari rangkaian kegiatan, seperti perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengendalian/pengawasan, yang dilakukanuntuk menentukan dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan melalui pemanfaatan sumberdaya manusia dan sumberdaya lainnya.
  
Fungsi Manajemen
Fungsi manajemen adalah elemen-elemen dasar yang akan selalu ada danmelekat di dalam proses manajemen yang akan dijadikan acuan oleh manajer dalam melaksanakan kegiatan untuk mencapai tujuan.Dalam rangka pencapaian tujuan ada lima kombinasi fungsi fundamentalyang paling umum. Kombinasi tersebut dibaca dari atas ke bawah akan terlihat ; A terdiri dari perencanaan
(planning) , pengorganisasian(organizing), memberi dorongan (actuating) , dan pengawasan(controlling), B terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, memberi motivasi (motivating) dan pengawasan. C terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, staffing, memberi pengarahan (directing)dan pengawasan ;D terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, staffing, memberi pengarahan, pengawasan, inovasi dan memberi peranan; E terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, memberi motivasi, pengawasan dan koordinasi.
 
Suatu hal yang menarik perhatian bahwa tiap kombinasi ada tiga fungsiyang sama, yakni (a) perencanaan, (b) pengorganisasian, dan (c) pengawasan.Ada perbedaan tentang fungsi-fungsi lainnya. Misalnya, apakah harus memsukkanactuating ataumotivating ke dalam kombinasi tersebutatau dikeluarkan samasekali dan justru memasukkan fungsi staffing  dandirecting 
ke dalamnya? Adayang berpendapat bahwa staffing sudah merupakan bagian dariorganizing dandirecting adalah bagian dari actuating atau motivating, dan seperti dipelihatkandalam gambar di atas, ada juga yang berkeyakinan bahwa innovating, refresenting dan coordinating merupakan fungsi-fungsi yang fundamental
 
Dari fungsi-fungsi manajemen di atas, tampak bahwa ada kesamaan pandangan tentang fungsi manajemen. Untuk menjabarkan makna dari fungsi-fungsi manajemen sebagai berikut:
1  Planning 
adalah menetapkan pekerjaan yang harus dilaksanakan olehkelompok untuk mencapai tujuan yang digariskan. Planning mancakupkegiatan pengambilan keputusan, karena termasuk pemilihan alternatif-alternatif keputusan.
 
2.Organizing 
mencakup: (a) membagi komponen-komponen kegiatan yangdibutuhkan untuk mencapai tujuan ke dalam kelompok-kelompok, (b)membagi tugas kepada seorang manajer untuk mengadakan pengelompokantersebut dan (c) menetapkan wewenang di antara kelompok atau unit-unitorganisasi. Pengorganisasian berhubungan erat dengan manusia, sehingga penugasannya di unit-unit organisasi dimasukkan bagian dari unsur oganizing.Ada yang tidak berpendapat demikian, justru memasukkan staffing sebagaifungsi utama.
 
3.Actuating 
mencakup penetapan dan pemuasan kebutuhan manusiawi dari pegawai-pegawainya, memberi penghargaan, memimpin, mengembangkanmemberi kom\pensasi kepada mereka.
 
4.Motivating 
merupakan kata yang lebih disukai oleh beberapa pihak daripadakata actuating. Ada yang beranggapan bahwa kedua kata tersebut adalah sama.Motivating berkonotasi emosional dan irrasional. Actuating bersifatmotivasional dan mencakup lebih banyak formulasi formal dan rasional.
 
5.Staffing 
mencakup mendapatkan, menempatkan dan mempertahankan anggota pada posisi yang dibutuhkan oleh pekerjaan organisasi yang bersangkutan.
 
6.Directing 
mencakup pengarahan yang diberikan kepada bawahan sehinggamereka menjadi pegawai yang berpengetahuan dan akan bekerja efektif menuju sasaran yang telah ditetapkan.
 
7.Controlling 
mencakup kelanjutan tugas untuk melihat apakah kegiatan-kegiatan dilaksanakan sesuai rencana. Pelaksanan kegiatan dievaluasi dan penyimpangan-penyimpangan yang tidak diinginkan diperbaiki supaya tujuan-tujuan dapat tercapai dengan baik.
 
 
8. Innovating 
mencakup pengembangan gagasan-gagasan baru,mengkombinasikan pemikiran baru dengan yang lama, mencari gagasan-gagasan dari kegiatan lain dan melaksanakannya.
 
9.Representing 
mencakup pelaksanaan tugas pegawai sebagai anggota resmidari sebuah perusahaan dalam urusannya dengan pihak pemerintah, kalanganswasta, bank, penjual, langganan dan kalangan luar lainnya.
 
10.Coordinating 
merupakan sinkronisasi yang teratur dari usaha-usaha individuyang berhubungan dengan jumlah, waktu dan tujuan mereka, sehingga dapatdiambil tindakan yang serempak menuju sasaran yang telah ditetapkan.
 
Pada dasarnya para ilmuan sepakat bahwa keseluruhan fungsi-fungsimanajerial dapat digolongkan kepada dua jenis utama, yaitu fungsi-fungsi organik dan fungsi-fungsi penunjang. Fungsi organik adalah keseluruhan fungsi utamayang mutlak perlu dilakukan oleh para manjer dalam rangka pencapaian tujuandan berbagai sasaran yang telah ditetapkan sebelumnya. Fungsi-fungsi organik tersebut merupakan penjabaran kebijaksanaan dasar atau strategi organisasi yangtelah ditetapkan dan harus digunakan sebagai dasar dalam bertindak. Fungsi-fungsi tersebut seperti digambarkan di atas. Sedangkan fungsi-fungsi penunjangadalah berbagai kegiatan yang diselenggarakan oleh orang-orang atau satuan-satuan kerja dalam organisasi dan dimaksudkan mendukung semua fungsi-fungsiorganik para menajer. FX Sidi P.

Tidak ada komentar: