Jumat, 30 Mei 2014

Manajemen, Manajer dan Kepemimpinan



Pemimpin dan kepemimpinan mempunyai arti penting dalam sebuah kelompok jika terjadi masalah, dalam mengatasi masalah, mengatasi resiko, konflik,atau perselisihan di antara orang - orang dalam kelompoknya. Disinilah peran pemimpin sangat dibutuhkan untuk meletakkan pondasi usaha dan manajemen yang baik.

Kepemimpinan terkadang diartikan sebagai pemegang kekuasaan, pembuat keputusan serta inisiatif agar tujuan oraganisasi bisa tercapai dengan baik.
Perbedaan kepemimpinan (leadership) dan (management) ada pada cara dan kegiatannya untuk mewujudkan sebah tujuan. Dan dapat disimpulkan sebagai berikut.
  • Manajemen adalah suatu kegiatan, cara, dan proses untuk mengorganisasi, mempromosikan, merencanakan, dan mengendalikan kelompok agar tujuannya bisa tercapai dengan baik. Singkatnya, manajemen merupakan proses pencapaian tujuan organisasi melalui usaha orang lain.
  • Manajer adalah orang yang senantiasa memikirkan kegiatanmanajemen untuk mencaai tujuan organisasi, orang lain atau bawahannya.
  • Kepemimpinan adalah kemampuan (seni dan ilmu) dari orang yang berusaha untuk memengaruhi perilaku.
  • Pemimpin adalah orang yang mempunyai kemampuan (seni dan ilmu) kepemimpinan.
Seorang manajer juga seorang pemimpin, namun seorang pemimpin belum tentu seorang manajer.
(Copyright@2014 Akhmad Kosala.Designed By Blogtipsntricks.)
1.Manajemen
A.Definisi Manajemen
Manajemen adalah suatu proses atau kerangka kerja yang melibatkan bimbingan atau pengarahan suatu kelompok orang-orang ke arah tujuan-tujuan organisasional maksud-maksud yang nyata.
Tiga definisi manajemen :
a. Manajemen adalah proses penggunaan sumber daya organisasi dengan menggunakan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi secara efisien dan efektif. (Wibowo, 2008:2).
b. Manajemen adalah suatu proses pencapaian tujuan organisai lewat usaha orang-orang lain. (Mifta, 2007:8)
c. Manajemen pada dasarnya merupakan suatu seni atau proses dalam menyelesaikan sesuatu yang terkait dalam pencapaian tujuan. (Erniedkk, 2005:6).
2. Manajemen digunaka dalam kegiatan mengelolah kegiatan sekelompok orang untuk mencapai tujuan dengan efisien dan efektif.
3. Definisi manajemen berdasarkan ketiga pendapat di atas bahwa manajemen adalah suatu kegiatan usaha kearah pencapaian tujuan tertentu dengan melaluikerja sama orang lain serta dengan pemanfaatan sumber-sumber lain yang tersedia untuk itu antara lain orang, uang, materi, peralatan atau mesin, metode kerja dan pemasaran.
4. Perbedaan Manajemen dan manajer adalah bahwa manajemen adalah prosesnya dari suatu kegiatan pencapaian tujuan melalui kerjasama orang lain,sedangka Manajer adalah orangnya yang senantiasa memikirkan kegiatan pencapaian tujuan dimaksud.

2.Kepemimpinan
A.Definisi Kepemimpinan
Tiga definisi kepemimpinan (leadership) :
a. Kepemimpinan adalah keterampilan dan kemampuan seseorang mempengaruhi perilaku orang lain, baik yang kedudukannya lebih tinggi,setingkat maupun yang lebih rendah dari padanya, dalam berpikir dan bertindak agar perilaku yang semula mungkin individualistik dan egosentrik berubah menjadi perilaku organizasional (Siagian, 1982:12).
b. Kepemimpinan menyangkut sebuah proses mempengaruhi sosial dengan pengaruh yang disengaja digunakan oleh seseorang  terhadap orang lain untuk menstruktur kegiatan-kegiatan dan hubungan-hubungan dalam sebuah kelompok atau organisasi. (Gary Yulk, 1998:815)
c. Kepemimpinan sebagai proses menggerakkan dan mempengaruhi oranglain untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. (Pangewa, 1989:18)

Cara kepemimpinan diterapkan adalah dengan menjaga integritas individu sehingga mampu memancarkan pengaruh dan wibawa sedemikian rupa sehingga orang lain mau melakukan apa yang dikehendaki, dengan cara atau taktik tertentu sehingga orang lain bersedia digerakkan atau dipengaruhi untuk mencapai tujuan tertentu.
Definisi kepemimpinan berdasarkan ketiga pendapat di atas bahwa kepemimpinan adalah proses mempengaruhi dan menggerakkan orang laindengan sengaja untuk menapai tujuan yang telah ditentukan.
Perbedaan manajemen dan kepemimpinan adalah Kemimpinan terjadi setiap saat dan di mana pun asalkan ada seseorang yang berusaha untuk mempengaruhi perilaku orang lain atau kelompok, tanpa mengindahkan bentuk alasannya.
Kepemimpinan dapat dipergunakan setiap orang dan tidak hanya terbatas berlakudalam suatu organisasi atau kantor tertentu, tidak harus dibatasi oleh aturar-aturan atau tatakrama birokrasi. Kepemimpinan tidak harus diikat dalam suatu organisasit ertentu. Kepemimpinan bisa terjadi di mana saja, asalkan seseorang menunjukkan kemampuannya mempengaruhi perilaku orang-orang lain kearahtercapainya suatu tujuan tertentu
Manajemen terjadi bila mana pengertian kepemimpinan dibatasi olehtatakrama birokrasi atau dikaitkan terjadinya dalam suatu organisasi tertentu,maka dinamakan manajemen, Fungsi-fungsi seperti perencanaan, pengaturan,motivasi dan pengendalian senantiasa ada di dalamnya
Jadi dapat terjadi seorang manajer berperilaku sebagai seorang pemimpin,asalkan dia mampu mempengaruhi perilaku orang lain untuk mencapai tujuantertentu. Tetapi seorang pemimpin belum tentu harus menyandang jabatanmanajer untuk mempengaruhi perilaku orang lain. Dengan kata lain seorangleader atau pemimpin belum tentu seorang manajer, tetapi seorang manajer bisaberperilaku sebagai seorang leader atau pemimpin.

Tidak ada komentar: