Pemimpin dan kepemimpinan mempunyai arti penting dalam sebuah kelompok jika
terjadi masalah, dalam mengatasi masalah, mengatasi resiko, konflik,atau perselisihan
di antara orang - orang dalam kelompoknya. Disinilah peran pemimpin sangat
dibutuhkan untuk meletakkan pondasi usaha dan manajemen yang baik.
Kepemimpinan terkadang diartikan sebagai pemegang kekuasaan, pembuat
keputusan serta inisiatif agar tujuan oraganisasi bisa tercapai dengan baik.
Perbedaan kepemimpinan (leadership) dan (management) ada pada
cara dan kegiatannya untuk mewujudkan sebah tujuan. Dan dapat disimpulkan
sebagai berikut.
- Manajemen adalah suatu kegiatan, cara, dan proses untuk mengorganisasi, mempromosikan, merencanakan, dan mengendalikan kelompok agar tujuannya bisa tercapai dengan baik. Singkatnya, manajemen merupakan proses pencapaian tujuan organisasi melalui usaha orang lain.
- Manajer adalah orang yang senantiasa memikirkan kegiatanmanajemen untuk mencaai tujuan organisasi, orang lain atau bawahannya.
- Kepemimpinan adalah kemampuan (seni dan ilmu) dari orang yang berusaha untuk memengaruhi perilaku.
- Pemimpin adalah orang yang mempunyai kemampuan (seni dan ilmu) kepemimpinan.
Seorang
manajer juga seorang pemimpin, namun seorang pemimpin belum tentu seorang
manajer.
(Copyright@2014 Akhmad
Kosala.Designed By Blogtipsntricks.)
1.Manajemen
A.Definisi Manajemen
Manajemen
adalah suatu proses atau kerangka kerja yang melibatkan bimbingan atau
pengarahan suatu kelompok orang-orang ke arah tujuan-tujuan organisasional
maksud-maksud yang nyata.
Tiga definisi manajemen :
a. Manajemen adalah proses penggunaan sumber
daya organisasi dengan menggunakan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi
secara efisien dan efektif. (Wibowo, 2008:2).
b. Manajemen adalah suatu proses pencapaian
tujuan organisai lewat usaha orang-orang lain. (Mifta, 2007:8)
c. Manajemen pada dasarnya merupakan suatu seni
atau proses dalam menyelesaikan sesuatu yang terkait dalam pencapaian tujuan.
(Erniedkk, 2005:6).
2. Manajemen digunaka dalam kegiatan mengelolah
kegiatan sekelompok orang untuk mencapai tujuan dengan efisien dan efektif.
3. Definisi manajemen berdasarkan ketiga
pendapat di atas bahwa manajemen adalah suatu kegiatan usaha kearah pencapaian
tujuan tertentu dengan melaluikerja sama orang lain serta dengan pemanfaatan
sumber-sumber lain yang tersedia untuk itu antara lain orang, uang, materi,
peralatan atau mesin, metode kerja dan pemasaran.
4. Perbedaan Manajemen dan manajer adalah bahwa
manajemen adalah prosesnya dari suatu kegiatan pencapaian tujuan melalui
kerjasama orang lain,sedangka Manajer adalah orangnya yang senantiasa
memikirkan kegiatan pencapaian tujuan dimaksud.
2.Kepemimpinan
A.Definisi Kepemimpinan
Tiga definisi kepemimpinan (leadership) :
a. Kepemimpinan adalah keterampilan dan
kemampuan seseorang mempengaruhi perilaku orang lain, baik yang kedudukannya
lebih tinggi,setingkat maupun yang lebih rendah dari padanya, dalam berpikir
dan bertindak agar perilaku yang semula mungkin individualistik dan egosentrik
berubah menjadi perilaku organizasional (Siagian, 1982:12).
b. Kepemimpinan menyangkut sebuah proses
mempengaruhi sosial dengan pengaruh yang disengaja digunakan oleh seseorang terhadap orang lain untuk menstruktur
kegiatan-kegiatan dan hubungan-hubungan dalam sebuah kelompok atau organisasi.
(Gary Yulk, 1998:815)
c. Kepemimpinan sebagai proses menggerakkan dan
mempengaruhi oranglain untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. (Pangewa,
1989:18)
Cara kepemimpinan diterapkan adalah dengan
menjaga integritas individu sehingga mampu memancarkan pengaruh dan wibawa
sedemikian rupa sehingga orang lain mau melakukan apa yang dikehendaki, dengan
cara atau taktik tertentu sehingga orang lain bersedia digerakkan atau
dipengaruhi untuk mencapai tujuan tertentu.
Definisi kepemimpinan berdasarkan ketiga
pendapat di atas bahwa kepemimpinan
adalah proses mempengaruhi dan menggerakkan orang laindengan sengaja untuk
menapai tujuan yang telah ditentukan.
Perbedaan manajemen dan
kepemimpinan adalah Kemimpinan terjadi setiap saat dan di mana pun asalkan ada
seseorang yang berusaha untuk mempengaruhi perilaku orang lain atau kelompok,
tanpa mengindahkan bentuk alasannya.
Kepemimpinan dapat dipergunakan setiap orang
dan tidak hanya terbatas berlakudalam suatu organisasi atau kantor tertentu,
tidak harus dibatasi oleh aturar-aturan atau tatakrama birokrasi. Kepemimpinan
tidak harus diikat dalam suatu organisasit ertentu. Kepemimpinan bisa terjadi
di mana saja, asalkan seseorang menunjukkan kemampuannya mempengaruhi perilaku
orang-orang lain kearahtercapainya suatu tujuan tertentu
Manajemen terjadi bila mana pengertian
kepemimpinan dibatasi olehtatakrama birokrasi atau dikaitkan terjadinya dalam
suatu organisasi tertentu,maka dinamakan manajemen, Fungsi-fungsi seperti
perencanaan, pengaturan,motivasi dan pengendalian senantiasa ada di dalamnya
Jadi dapat terjadi seorang manajer berperilaku
sebagai seorang pemimpin,asalkan dia mampu mempengaruhi perilaku orang lain
untuk mencapai tujuantertentu. Tetapi seorang pemimpin belum tentu harus
menyandang jabatanmanajer untuk mempengaruhi perilaku orang lain. Dengan kata
lain seorangleader atau pemimpin belum tentu seorang manajer, tetapi seorang
manajer bisaberperilaku sebagai seorang leader atau pemimpin.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar