Jumat, 30 Mei 2014

Sistem Informasi Sumber Daya Informasi



Sistem Informasi Sumber Daya Informasi adalah sistem yang menyediakan informasi mengenai sumber daya informasi mengenai sumber daya informasi perusahaan pada para pemakai diseluruh perusahaan.
Sumber : Sistem Informasi Manajemen-Ais Zakiyudin

Perkembangan Sistem Informasi
Ilustrasi mengenai sebuah system dapat dilihat  pada gambar dibawah ini. Sebuah system meneriama masukan, memproses, dan kemudian menghasilkan keluaran. Sistem tersebut mampu bekerja karna komponen-komponen di dalamnya saling berinteraksi untuk menghasilkan keluaaran. Dalam melakukan prosesnya. Kinerja system sangat dipengaruhi  oleh kondisi lingkungan disekitar.
Sistem Informasi adalah suatu kumpulan komponen-komponen yang saling berinteraksi untuk mengelola informasi pada suatu organisasi untuk mendukung kegiatan bisnis organisasi.
Pengguna teknologi informasi pada suatu system informasi mulai berkembang sekitar 1960an. Pada periode tersebut, system informasi yang digunakan masih sangat terbatas. Hal ini disebabkan teknologi perangkat keras maupun perangkat lunak sangat jauh jika dibandingkan dengan kondisi sekarang.
Pada periode sekitar tahun 1970an, system informasi sudah lebih berkembang. Perkembangan system informasi  saat itu didominasi dari sudut pandang data. Teknologi basis data saat itu adalah penyimpanan dan pengaksesan data.
Pada Periode tahun 1980an, system informasi berkembang lebih kearah CSCW (Computer Support Cooperative Work). CSCW adalah aplikasi yang mendukung kerja sama dalam organisasi, misalnya pemanfaatan email, dokumen editor, dan lain-lain.
Pada tahun 200an,system informasi berkembang semakin pesat .Perkembangan ini didorong dengan semakin berkembang teknologi internet ,dengan kapasitas semakin besar dan harga yang semakin murah.Sudah banyak organisasi yang telah mengintegrasikan system informasi mereka dengan system informasi organisasi lain untuk mendukung kegiatan organisasi tersebut.
Pengembangan system informasi
Pengembangan system informasi adalah analiis,dsain,dan implementasi system informasi untuk mendukung kegiatan bisnis organisasi.Pengembangan system informasi dapat berupa pembuatan suatu system baru maupun penambahan atau perubahan modul pada system yang sudah ada.Secara umur, alur pengembangan suatu system informasi mempunyai beberapa tahapan.Tahapan pengembangan system informasi sering kali disebut juga System Development Life Cycle (SDLC). Risna Meliawati

Tidak ada komentar: