Jumat, 30 Mei 2014

Peranan Manajer dalam Organisasi



Manajer adalah seorang yang memiliki tanggung jawab yang besar untuk seluruh bagian pada suatu perusahaan atau organisasi yang dipimpinnya dan harus mempunyai wawasan yang luas.

Semua manajer bekerja dalam sebuah organisasi dimana sekelompok orang yang bekerja bersama dan berkoordinasi dalam pekerjaan-pekerjaan dalam rangka mencapai tujuan-tujuan atau hasil organisasi di masa yang akan datang. Manajer memimpin beberapa unit bidang fungsi pekerjaan yang mengepalai beberapa sektor yang dipegangnya. Pada perusahaan yang berskala kecil mungkin cukup diperlukan satu orang manajer umum, sedangkan pada perusahaan atau organisasi yang berkaliber besar biasanya memiliki beberapa orang manajer umum yang bertanggung-jawab pada area tugas yang berbeda-beda. Manajer puncak dari suatu organisasi tentu nya dengan bantuan manajer umum dan para ahli mengendalikan arah dari organisasi agar dapat mencapai tujuan dengan sebaik mungkin. Hal ini terutama sekali ketika organisasi sedang menghadapi masa-masa sulit. Manajemen memiliki peranan amat penting karena ia merupakan kunci bagi tercapainya keberhasilan organisasi. Kualitas dari manajemen menjadi pertimbangan penting pada saat dilakukan penilaian atas tingkat kepercayaan dan prospek sebuah organisasi.

Keluasan arti seorang manajer diuraikan secara lebih konkret sebagai berikut:
ü  Orang dalam organisasi yang memiliki tanggung jawab atas hasil dari satu orang atau lebih orang lain. Tanggung jawab utama seorang manajer adalah memfasilitasi suatu organisasi dalam mencapai kinerja tinggi melalui pemanfaatan semua sumber daya, baik tenaga manusia maupun material.
ü  Manajer adalah kepada siapa bawahan melapor. Orang-orang dalam organisasi yaitu manajer dan bawahan adalah merupakan sumber daya manusia yang sangat penting dalam organisasi.
ü  Manajer merupakan orang yang bertugas untuk menggunakan sumber daya material seperti: informasi , teknologi , bahan baku , fasilitas dan uang untuk memproduksi barang dan jasa yang dapat di tawarkan organisasi kepada para pelanggan.

Peranan Manager dalam Organisasi
1.       Manajer sebagai mediator dalam memecahkan masalah
2.       Manajer sebagai konsultan terhadap bawahan
3.       Manajer sebagai motivator terhadap organisasinya
4.       Manajer mempunyai peran penting dalam pengambil keputusan
5.       Seorang manajer diharuskan bisa menguasai semua permasalahan dan dapat diselesaikan dengan musyawarah dan pemikiran yang baik sebelum memutuskannya

Selain itu seorang manajer juga diharapkan bisa menjadi teman sekaligus sebagai orang tua dalam organisasi sehingga dengan keadaan seperti itu perkembangan organisasi bisa diciptakan dengan baik dan dapat mewujudkan apa yang menjadi visi dan misi dalam organisasinya. Dan dari itu semua seorang manager bisa membawa perusahaan itu menjadi lebih maju dan lebih baik lagi dengan ketegasan dan sifat pemimpin yang berwibawa serta dibantu karyawan-karyawannya yang setia bekerja untuk perusahaan yang sedang dijalankannya. Louis Marselo

Tidak ada komentar: