Manajer adalah seorang yang memiliki tanggung
jawab yang besar untuk seluruh bagian pada suatu perusahaan atau organisasi
yang dipimpinnya dan harus mempunyai wawasan yang luas.
Semua
manajer bekerja dalam sebuah organisasi dimana sekelompok orang yang bekerja
bersama dan berkoordinasi dalam pekerjaan-pekerjaan dalam rangka mencapai
tujuan-tujuan atau hasil organisasi di masa yang akan datang. Manajer memimpin beberapa unit bidang fungsi
pekerjaan yang mengepalai beberapa sektor yang dipegangnya. Pada perusahaan
yang berskala kecil mungkin cukup diperlukan satu orang manajer umum, sedangkan
pada perusahaan atau organisasi yang berkaliber besar biasanya memiliki
beberapa orang manajer umum yang bertanggung-jawab pada area tugas yang
berbeda-beda. Manajer puncak dari suatu organisasi tentu
nya dengan bantuan manajer umum dan para ahli mengendalikan arah dari
organisasi agar dapat mencapai tujuan dengan sebaik mungkin. Hal ini terutama sekali
ketika organisasi sedang menghadapi masa-masa sulit. Manajemen memiliki peranan
amat penting karena ia merupakan kunci bagi tercapainya keberhasilan
organisasi. Kualitas dari manajemen menjadi pertimbangan penting pada saat
dilakukan penilaian atas tingkat kepercayaan dan prospek sebuah organisasi.
Keluasan
arti seorang manajer diuraikan secara lebih konkret sebagai berikut:
ü
Orang dalam organisasi yang memiliki tanggung
jawab atas hasil dari satu orang atau lebih orang lain. Tanggung jawab utama seorang
manajer adalah memfasilitasi suatu organisasi dalam mencapai kinerja tinggi
melalui pemanfaatan semua sumber daya, baik tenaga manusia maupun material.
ü
Manajer adalah kepada siapa bawahan melapor. Orang-orang
dalam organisasi yaitu manajer dan bawahan adalah merupakan sumber daya manusia
yang sangat penting dalam organisasi.
ü
Manajer merupakan orang yang bertugas untuk
menggunakan sumber daya material seperti: informasi , teknologi , bahan baku ,
fasilitas dan uang untuk memproduksi barang dan jasa yang dapat di tawarkan
organisasi kepada para pelanggan.
Peranan Manager dalam Organisasi
1.
Manajer
sebagai mediator dalam memecahkan masalah
2.
Manajer
sebagai konsultan terhadap bawahan
3.
Manajer
sebagai motivator terhadap organisasinya
4.
Manajer
mempunyai peran penting dalam pengambil keputusan
5.
Seorang
manajer diharuskan bisa menguasai semua permasalahan dan dapat diselesaikan
dengan musyawarah dan pemikiran yang baik sebelum memutuskannya
Selain itu seorang manajer juga diharapkan
bisa menjadi teman sekaligus sebagai orang tua dalam organisasi sehingga dengan
keadaan seperti itu perkembangan organisasi bisa diciptakan dengan baik dan
dapat mewujudkan apa yang menjadi visi dan misi dalam organisasinya. Dan dari
itu semua seorang manager bisa membawa perusahaan itu menjadi lebih maju dan
lebih baik lagi dengan ketegasan dan sifat pemimpin yang berwibawa serta
dibantu karyawan-karyawannya yang setia bekerja untuk perusahaan yang sedang
dijalankannya. Louis Marselo
Tidak ada komentar:
Posting Komentar