Jumat, 30 Mei 2014

Bagaimana Manajer Mengambil Keputusan



Manajer merupakan seorang yang sangat kompleks pekerjaannya,dalam hal ini seorang manajer harus extra detail dalam mengerjakan atau menyelesaikan suatu pekerjaan.
Salah satu contohnya adalah pada saat manajer mengambil keputusan,pengambilan keputusan seorang manajer haruslah tepat,karena jika tidak,semua hal yang bersangkutan tidak akan berjalan sesuai harapan ataupun tidak akan mencapai tujuan perusahaan yang telah dibuat dan disepakati sebelumnya.
Bicara mengenai cara seorang manajer dalam mengambil keputusan sangatlah erat kaitannya dengan cara ia berfikir dan bertindak dalam kehidupan sehari-hari.
Berikut adalah tahapan dan langkah-langkah Pendekatan Sistem bagaimana seorang manajer dalam mengambil keputusan seperti yang dimuat pada buku Pak Ais Zakiyudin yang berjudul Sistem Informasi Manajemen :
·         Tahapan 1 : Persiapan
-Langkah 1 : Melihat perusahaan sebagai suatu sistem
-Langkah 2 : Mengenal sistem lingkungan
-Langkah 3 : Mengidentifikasi subsistem-subsistem perusahaan
·         Tahapan 2 : Definisi
-Langkah 4 : Melanjutkan dari tingkat sistem ke tingkat subsistem
-Langkah 5 : Menganalisis bagian-bagian sistem dalam suatu urut-urutan tertentu
·         Tahapan 3 : Solusi
-Langkah 6 : Mengidentifikasi solusi-solusi alternatif
-Langkah 7 : Mengevaluasi solusi-solusi alternatif
-Langkah 8 : Memilih solusi yang terbaik
-Langkah 9 : Mengimplementasikan solusi
-Langkah 10 : Menindaklanjuti untuk memastikan bahwa solusi tersebut efektif
Manajer mengambil keputusan untuk memecahkan masalah. Pemecahan masalah diperoleh melalui tahapan-tahapan dasar dan menggunakan kerangka berfikir yang umum sebagaimana berlaku di banyak perusahaan. Dengan mengikuti pendekatan sistem untuk menyelesaikan masalah, manajer melihat sistem secara keseluruhan.
Sumber : Sistem Informasi Manajemen BAB 6 (Ais Zakiyudin)
Berdasarkan penjelasan diatas saya dapat menyimpulkan bahwa seorang manajer tidak boleh asal dalam mengambil keputusan melainkan harus dipertimbangkan terlebih dahulu aspek-aspek yang perlu diperhatikan secara detail. Yanti Marlia Ferdianti

Tidak ada komentar: