Senin, 13 Oktober 2014

Data dan Informasi

Gordon B. Davis menjelaskan kaitannya data dengan informasi dalam bentuk definisi berikut “informasi adalah data yang telah diproses ke dalam suatu bentukyang mempunyai arti bagi si penerima dan mempunyai nilai nyata dan terasa bagi keputusan saat itu atau keputusan mendatang”. “Data adalah bahan mentah yang diproses untuk menyajikan informasi”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa informasi adalah data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi yang menerimanya. 

Data merupakan kumpulan huruf atau angka yang belum diolah sehingga tidak memiliki arti. Adapun perbedaan data dan informasi sebagai berikut : DATA INFORMASI Bersifat mentah Hasil olahan yang lebih berguna Untuk pengolahan lebih lanjut Untuk acuan mengambil keputusan Belum jelas isinya dan belum sempurna.

Data juga penting bagi manajemen karena digunakan untuk berbagai keperluan, yaitu : a. Pengetahuan (knowledge) b. Perkiraan (estimation) c. Pertimbangan (judgement) d. Keputusan (decision) Hal tersebut merupakan aspek-aspek penting dalam manajemen, terutama pengambilan keputusan harus didukung oleh data yang lengkap, benar dan seksama sehingga setiap keputusan dapat diambil dengan tepat. 

KLASIFIKASI DATA a. Klasifikasi data menurut JENIS DATA 1. Data hitung, yaitu hasil penghitungan atau jumlah tertentu. 2. Data ukur, yaitu data yang menunjukkan ukuran mengenai nilai sesuatu. b. Klasifikasi data menurut SIFAT DATA 1. Data kuantitatif, yaitu data mengenai penggolongan dalam hubungannya dengan penjumlahan. 2. Data kualitatif, yaitu data mengenai penggolongan dalam hubungannya dengan kualitas atau sifat tertentu. c. Klasifikasi data menurut SUMBER DATA 1. Data internal, yaitu data yang asli, artinya data sebagai hasil observasi yang dilakukan sendiri. 2. Data eksternal, yaitu data hasil observasi orang lain. 

KUALITAS INFORMASI Untuk mengukur apakah informasi tersebut memiliki kualitas atau tidak, maka dapat diuji dengan empat dimensi yaitu relevansi, akurasi, ketepatan waktu, dan kelengkapan. NILAI INFORMASI Informasi akan memiliki nilai yang tinggi apabila ia memiliki manfaat bagi penggunanya,sebaliknya apabila informasi tidak memiliki manfaat, ia tidak mempunyai nilai. (KARTIKA MUNIARTI/11142149/11.1A.14)

Tidak ada komentar: